Assalamu’alaikum
Kali ini saya akan membahas pengalaman
saya magang pada divisi Public Relations di hari ke-2.
Berikut kegiatan-kegiatan magang divisi
Public Relations Telkom pada hari ke-2 (17 Mei 2016):
> Pembahasan proposal program kegiatan
PR yg telah dibuat individu. Judul dari program proposal Public Relations saya
yaitu “Pembuatan Taman Indi di kawasan Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung”
> Penyatuan ide-ide proposal kegiatan
Public Relation dan pemilihan proposal yang perlu direalisasikan.
> Diskusi proposal yang akan
direalisasikan kedepannya. Saya dan rekan-rekan magang divisi Public Relations
sepakat memilih proposal dengan tema “Pentingnya Internet untuk usia dini”
(event eksternal) dan “Acara menyambut bulan puasa Ramadhan” (event internal).
> Penjelasan dari Pak Tatang mengenai
tugas utama Public Relations Telkom yaitu menjaga logo Telkom & Indihome
tetap positif dimata publik.
> Penjelasan jobdesk kedepannya untuk
kelompok bagian event & media promosi yang telah ditentukan sebelumnya pada
tanggal 16 Mei 2016.
> Pemilihan koordinator dari
masing-masing bagian (event & media promosi) untuk menerima informasi
langsung dari Pak Asep Tatang.
> Pemberitahuan event yang diadakan
Public Relations Telkom selanjutnya yaitu :
- Jumpa pers dengan media pada hari Rabu, 18 Mei 2016 di Hotel Novotel
jalan Cihampelas no. 23 Bandung.
- Tanggal 25 Mei 2016, rencana pengumpulan mahasiswa dan siswa yang
magang se-Telkom untuk diadakan diskusi dan pengenalan tentang Telkom
> Adanya penjelasan dari Pak Jo mengenai
media-media internal dan eksternal Telkom.
Berikut sekilas media internal dan eksternal Telkom:
Portal. Telkom.co.id yaitu portal internal yang hanya dapat diakses
karyawan internal Telkom yang berada di kawasan kantor Telkom. Portal ini berisi
berita-berita nasional, dan lainnya sebagai sumber informasi karyawan. Portal
ini juga digunakan untuk absensi karyawan. Portal ini dikelola oleh unit
corporate communication Telkom Indonesia yg kantornya berada di Jalan Gatsu
Jakarta dan Japati Bandung.
Situs ini memuat berita tentang Telkom dalam bentuk video yang memiliki
durasi rata-rata 2 hingga 3 menit. VIDEO DIVRE 3 khusus video berita Telkom jabar.
ttube.telkom.co.id/kliping/
merupakan kumpulan-kumpulan kliping online yang sudah disusun oleh divisi
Public Relations Telkom, kliping berisi seluruh informasi mengenai Telkom setiap
harinya melalui media cetak koran maupun online.
Situs ini memuat informasi produk-produk Telkom, porgram Telkom, berita mengenai
Telkom. Situs ini juga dikelola oleh unit corporate communication media
eksternal Telkom.
> Pembagian tugas-tugas divisi Public
Relations, dan penanggung jawab disetiap tugas seperti resume buku islamic
untuk pidato di masjid, penyusunan laporan kliping, jumpa pers, event diskusi
dan pengenalan Telkom kepada mahasiswa dan siswa yang magang di Telkom.